Assalaamu’alaikum Wr. Wb
www.mruput.com – Hai
sobat mruput. Ketemu lagi nih di blog mruput ini. Semoga kalian tidak bosan dan
terus semangat dengan materi – materi tutorial di blog saya ini. Pada tutorial
kali ini saya masih aka sedikit membahas tentang AutoCAD, yaitu bagaimana cara
membuat perencanaan dan menggambar baut dengan AutoCAD. Tujuan tutorial ini
dibuat selain buat belajar menggambbar dengan AutoCAD, juga agar bisa membantu
bagi para siswa atau mahasiswa jurusan Teknik Mesin atau Teknik Sipil ketika
ada tugas menggambar dan merencanakan sebuah baut. Jadi, harapannya sih seperti
itu. Hee.. OK! Langsung saja yuk, kita olah TKP. Check this out..
Langkah – langkah Membuat Perencanaan dan Gambar Baut Dengan AutoCAD
Baca Juga
Nah sebelum mulai merencanakan dan menggambar bautnya, ada
baiknya kalian mesti mengetahui dahulu acuan dalam merencanakan baut. Data
tersebut bisa kalian lihat dari tabel ukuran baut Standart Metric ISO, data
bisa dilihat à disini
Gambar di atas merupakan acuan dan tabel perencanan baut
ulir standart metric (British Standart) BS 3642 2007. Dari acuan tersebut kita
akan coba membuat perencanaan baut M12 x 30 (lihat pada tabel yang diberi tanda
kuning). Dan dari tabel serta formula di atas, kita dapatkan data – data
bautnya juga (perhatikan pada gambar paling atas yang dibei kotak warna biru)
Sekarang langsung saja kita buat gambarnya menggunakan
AutoCAD
Langkah 1
Data -data dalam perencanaan baut yang kita dapatkan adalah
seperti ini
Langkah 2
Buka software AutoCAD kalian dan klik New untuk membuat
Dokumen baru. Pilih template ACADISO.dwg untuk template standart metric.
Pada bagian workspace, ubah menjadi 3D Modeling dan ganti
pandangan atau View dari TOP menjadi SE Isometric
Langkah 3
Ganti posisi UCS dari World menjadi Front
Dan tampilannya akan jadi seperti ini
Langkah 4
Buat objek 2D persegi untuk dasar body baut menggunakan
perintah Rectangle
Caranya, ketik REC à
Enter
Pada specify first point or ketik 0,0 lalu Enter, kemudian
ketik lagi 30,6 à
Enter (liat animasi)
Langkah 5
Buat sisi miring pada persgi menggunakan perintah Chamfer
(masukkan nilai 5/8H = 0,94721)
Caranya, ketik CHA à
Enter
Pada command line pilih/klik Distance, lalu ketikkan 0,94721
à Enter, klik pada garis
yang akan dibuat chamfer.
Langkah 6
Langkah selanjutnya adalah menjadikan gambar 2D tadi menjadi
gambar 3D berbetuk tabung menggunakan perintah Revolve
Caranya, ketik REV à
Enter.
Pilih objek persegi tadi à
Enter.
Klik titik 1 dan titik 2 pada objek persegi, lalu masukkan /
ketik 360 à
Enter
Ganti pandangan dari Visual Style Control menjadi CONCEPTUAL
untuk melihat hasil REVOLVE tadi.
Langkah 7
Ganti posisi UCS dari
Front menjadi World
Kemudian, pindahkan UCS ke Origin Point menjadi searah
dengan sumbu X
Langkah 8
Buat gambar objek bentuk segitga untuk dasar pembuatan
bentuk dan dimensi ulir. Ukuran yang digunakan adalah Pitch (P/8) = 1.53125 dan
H8 = 1.32611. kita gunakan perintah LINE untuk membuanya. Caranya adalah:
Ketik L à
Enter, ketik 0,0 à
Enter
Input pada Specify next point or (Undo) 1.53125 à Enter
Ketil L à
Enter
Klik Mid Point pada garis pertama, gerakkan cursor
berlawanan arah dengan sumbu Y, kemudian masukkan Specify next point or (Undo)
1.32611 à
Enter
Ulangi perintah Line, kemudian buat objek segitiga dari
kedua garis itu dan hapus garis tengah yang ada pada segitiga.
Langkah 9
Buat radius sebersar R = 0.25259 pada salah satu sudut
segitiga menggunakan perintah FILLET. Caranya :
Ketik F à
Enter, ketik 0.25259 à
Enter
Pilih garis pertama dan garis kedua
Jika sudah, gabungkan objek segitiga tadi menjadi polyline.
Caranya :
Ketik J à
Enter, pilih objeknya à
Enter
Langkah 10
Atur posisi koordinat sistem ke posisi Right.
Buat spring dengan Pitch of Thread = 1.75, dengan Diameter
12 atau radius 6 menggunakan perintah HELIX.
Caranya:
Ketik Helix à
Enter, ketik 0,0,30 pada Specify center point lalu tekan Enter
Specify base radius or [Diameter] : ketik 6 à Enter
Specify top radius or [Diameter] : ketik 6 à Enter
Specify helix height or [Axis endpoint/turn Height/tWist]:
pilih Turn Height, lalu ketikkan 1.75 pada Specify distance between turn.
Gerakkan kursor ke arah melebihi panjang baut, kemudian
akhiri dengan klik pada area AutoCAD
Langkah 11
Ketik perintah SWEEP untuk membuat ulir baut menggunakan
objek segitiga dan helix yang sudah dibuat tadi. Caranya:
Ketik Sweep à
Enter, kilik objek segitiga
Pada Select sweep path or [Alignment/Base point/Scale/Twist]
: pilih Alignment
Pada Align sweep object perpendicular to path before sweep
[Yes/No] : pilih No
Pada Select sweep path or [Alignment/Base point/Scale/Twist]
: pilih Base point, lalu klik pada objek helix
Langkah 12
Ganti Visual Style dari 2D Wireframe menjadi Conceptual
Kurangi ukuran baut dengan menggunakan perintah SUBTRACT.
Caranya :
Ketik SU à
Enter, pilih batang baut à
Enter, kemudian pilih objek Helix à
Enter
Langkah 13
Ubah Visual Style dari SE Isometric menjadi TOP. Kemudian
pakai perintah Polygon untuk membuat kepala baut. Caranya :
Ketik POL à
Enter, number of sides <4> : ketik angka 6
Specify center of polygon or [Edge] :
Enter an option [Inscribed in circle/circumscribed about
circle] <I> : I
Specify radius of circle : ketik 11.05 à Enter
Langkah 14
Ubah kembali Visual Style dari TOP ke SE Isometric. Untuk
membuat ketebalan baut gunakan perintah Extrude. Caranya :
Ketik Extrude à
Enter, pilih objek polygon à
Enter, ketikkan tingginya 8 mm
Langkah 15
Langkah selanjutnya buat objek lingkaran menggunakan
perintah Circle, kemudian Extrude lingkaran tadi menggunakan Taper Angle.
Caranya :
Ketik C à
Enter
Specify center point of circle o [3P/2P/Ttr (tan tan
radius)] : ketik 2P
Specify first end point of circle’s diameter : pilih Mid
point pada kepala baut
Specify second end point of circle’s diameter : pilih Mid
point pada kepala baut
Ketik Extrude à
Enter, pilih objek lingkaran à
pilih Tapper Angle
Specify angle of tapper for extrusion or [Expression]
<315> : ketik -45
Specify height of extrusion or [Direction/Path/Taper
Angle/Expression] <-10.00000> : ketik 10 à
Enter
Langkah 16
Ganti Visual Style dari 2D Wireframe menjadi Conceptual.
Untuk membentuk kepala baut pakai perintah Intersect. Caranya :
Ketik IN à
Enter, pilih objek Taper Angle dan pilih objek kepala baut à Enter
Langkah 17
Putar objek kepala baut menggunakan perintah 3D Rotate.
Caranya :
Ketik 3DRO à
Enter, pilih objek kepala baut à
Enter, pilih arah putaran objek sesuai yang diinginkan
Langkah 18
Ubah Visual Style dari Conceptual menjadi 2D Wireframe. Kemudian,
gabungkan kepala baut dan silinder baut menggunakan perintah MOVE.
Wah, akhirnya selesai juga gambar bautnya setelah melalui
langkah kerja yang lumayan panjang. Namun agar kalian lebih mudah dalam mencoba
menggambarkannya, pada Tutorial Cara Membuat Perencanaan dan Gambar Baut DenganAutoCAD saya sertakan gambar dan animasi. Namun jika masih ada pertanyaan,
silahka tulis saja dikolom komentar. Selamat mencoba, Sekian dan Terimakasih.
Jangan lupa Share artikel ini kalau bermanfaat.
Wassalaamu’alaikum. Wr. Wb
































0 Response to "Cara Membuat Perencanaan dan Gambar Baut Dengan AutoCAD"
Posting Komentar